Sab. Mei 18th, 2024
DomaiNesia
Web Hosting

Halo sobat Faktaizen! Apa kalian udah tau, tentang Karyawan PKWT atau Karyawan Kontrak, Hak dan Kewajiban yang kalian peroleh ? nah mungkin masih ada yang bingung tentang Apa itu Karyawan PKWT, pada seutas artikel ini kami akan mencoba menjelaskan secara simpel tentang Hak dan kewajiban Karyawan PKWT

Artikel ini diperoleh berdasarkan sumber terpercaya melalui Ketentuan UU Ketenagakerjaan dan Undang-Undang Cipta Kerja, Jika kamu menemukan kesalahan dalam membaca artikel ini dan tidak sesuai maka kamu dapat memberikan pendapat kamu melalui [email protected]

Apa itu karyawan PKWT?

Sobat Faktaizen, PKWT Merupakan singkatan dari Perjanjian Kerja Waktu Tertentu atau biasa kita sebutnya dengan Karyawan kontrak karna bekerja sesuai dengan waktu yang telah di tetapkan perusahaan, perlu di ingat saat kamu tanda tangan kontrak (PKWT) Kamu harus selesai membaca poin poin penting dari awal hingga akhir supaya kamu mengerti tentang perjanjian kerja yang akan kamu lakukan, di dalam kontrak PKWT akan berisi tentang

  1. Tanggal awal kerja hingga akhir masa perjanjian kerja
  2. Berisi Jumlah Nominal Gaji / Upah serta tunjangan (jika ada)
  3. Posisi pekerjaan / Jobdesk yang ditentukan perusahaan untuk kamu bekerja
  4. Besaran biaya potongan untuk BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan
  5. Hak Cuti yang akan di terima dalam masa kerja PKWT
  6. Ketentuan atau Peraturan Perusahaan Tentang Ketentuan pemberhentian sepihak baik dari pekerja atau perusahaan sesuai dengan Pasal 62 Undang-Undang Ketenagakerjaan tentang Denda/Ganti Rugi.
  7. Ketentuan Perusahaan Dan Kesepakatan dengan pekerja yang termuat dalam surat perjanjian dan Ikatan kerja.

Berapa Lama Masa PKWT

Berdasarkan Peraturan Undang Undang Cipta Kerja Pasal 81 angka 12 Pasal 56 Undang Undang Cipta kerja Terkait dengan Pasal 8 PP 35/2021 Berisi tentang maksimal Karyawan PKWT adalah 5 Tahun.

Informasi ini bersumber pada Undang Undang Cipta Kerja Pasal 81 Angka 12 Pasal 56 Undang Undang Cipta Kerja.

Hak Karyawan PKWT

Berdasarkan Peraturan Undang undang cipta kerja pada pasal 81 Angka 28 berikut adalah yang akan kamu dapatkan sebagai hak menjadi karyawan PKWT :

  1. Upah Minimum , Upah Minimum ini berdasarkan pada ketentuan UMP (Upah Minimum Provinsi) Dan atau UMK (Upah Minimum Kabupaten) Besarannya sesuai dengan UMP atau UMK Daerah dimana kamu ditempatkan.
  2. Tunjangan Hari Raya , Sebagai karyawan PKWT Kamu juga berhak atas THR dengan perhitungan masa kerja Karyawan.
  3. Tunjangan Tetap dan Tidak Tetap, Pada komponen ini sesuai dengan Perjanjian Kerja Bersama (PKB) pada saat kamu Teken Kontrak
  4. Kompensasi , Kompensasi Untuk Karywan PKWT yang telah selesai masa tugas berupa 1 Kali Upah Jika telah bekerja selama 12 Bulan Terus menerus dan Akan dihitung secara Proporsional jika Bekerja dibawah 12 Bulan secara terus menerus.
  5. Cuti Tahunan , Karyawan PKWT wajib mendapat Hak Cuti Tahunan 12 Hari, Jika bekerja selama 12 Bulan secara terus menerus.

Kewajiban Sebagai Karyawan PKWT

Sobat Faktaizen, seperti pada halnya pekerja pada umumnya, kamu sebagai karyawan PKWT juga harus dan wajib melaksanakan tugas dan kewajiban kamu sesuai dengan posisi yang kamu terima sesuai dengan ketentuan perusahaan serta sesuai dengan perjanjian hubungan kerja yang sudah kamu tanda tanganin.

Tentu kamu harus rajin, dan menjaga etika perusahaan, menjaga image perusahaan disiplin dan bekerjasama dengan tim serta departement lain untuk kepentingan pekerjaan kamu ya, karna setiap tahun ada namanya penilaian karwayan loh, tentu kamu jika mendapatkan poin yang baik berpotensi besar di angkat menjadi karyawan tetap, semangat ya Faktaizen!

Akhir Kata

Nah, itu tadi satu artikel yang kami bahas untuk kamu yang masih bingung Hak dan kewajiban Karyawan PKWT semoga setelah membaca artikel ini kamu jadi tau apa yang belum kamu tau, eitss jangan lupa untuk follow instagram kami di @faktaincom untuk dapat informasi terbaru seputar lautan fakta, seperti pada highlight kita yaitu berenang di lautan fakta, sampai jumpa lagi!

Artikel ini di Review dan Di Tinjau Ulang Oleh @alfierenaldy Pada 6 Feb 2024

Eksplorasi konten lain dari Faktain.com

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

By Tim Faktain

Tim Faktain | Mencari informasi berdasarkan sumber yang akurat dan ditinjau serta di review sebelum di publikasikan

Kasih Komentar

Eksplorasi konten lain dari Faktain.com

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca