Sab. Mei 18th, 2024
DomaiNesia
Web Hosting

Halo faktizen! apakabar kamu, semoga kamu yang sedang baca artikel ini selalu dalam keadaan sehat, dan senantiasa diberikan rezeki ya hehe, Kamu tau enggak daerah manasih yang UMP dan UMKnya itu rendah banget? nah kalau kamu penasaran baca utas artikel ini sampai selesai, eitss tenang informasi yang di himpun di Faktain.com pasti sudah dilakukan riset dan review kebenarannya, jangan khawatir ya!

Apa itu UMK atau UMP ?

Singkatnya, Dalam sebuah provinsi terdapat minimum pemberian upah kepada para pekerja, jika dari menteri ketenagakerjaan memutuskan adanya perubahan UMP maka UMK Darahnya juga akan ikut berubah, UMP adalah Upah Minimum Provinsi Sebagai acuan Mendasar dalam memberikan upah kepada para pekerja di provinsi tersebut, sedangkan UMK Adalah Upah Minimum Kabuten/Kota, Tepatnya UMK Harus lebih tinggi atau sama dengan besarannya UMP, Misalkan UMP Di Provinsimu adalah 2,750,000 Maka UMK Kabupaten Harus Di atas atau Sama dengan Nominal dari UMP, dari sini sudah paham belum ?

Kalau Perusahaa Tidak Mengikuti Pedoman Pembayaran Minimum Apa Sanksinya

Sanksinya adalah izin usaha dari perusahaan tersebut akan di cabut, Menurut dari Undang Undang Cipta Kerja Pada Pasal 81 Angka 28 Perppu Cipta Kerja Yang Menambah Pasal Baru 88E Ayat 2 Undang Undang Ketenagakerjaan “Pengusaha Dilarang Membayarkan Upah Pekerja Lebih Rendah dari Upah Minimum” penjelasan sederhany adalah Pengusaha ataupun Persahaan dilarang untuk membayarkan upah/gaji di bawah upah minimum daerah tersebut yang sudah di tentukan besaran minimum upahnya.

UMP / UMK Terendah Di Indonesia

  1. Kabupaten Banjarnegara sebesar Rp 2,038,005,-
  2. Kabupaten Wonogiri Sebesar Rp 2,047,500,-
  3. Kabupaten Sragen Sebesar Rp 2,049,000,-
  4. Kota Banjar Sebesar Rp 2,070,192,-
  5. Kabupaten Kuningan Sebesar Rp 2,074,666

Akhir Kata

Demikian Artikel tentang TOP 5 Daerah dengan UMK/UMP Terendah Di Indonesia 2024 Semoga Menambah Wawasanmu, sampai jumpa di utas lainnya sobat faktize!


Eksplorasi konten lain dari Faktain.com

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

By Tim Faktain

Tim Faktain | Mencari informasi berdasarkan sumber yang akurat dan ditinjau serta di review sebelum di publikasikan

Kasih Komentar

Eksplorasi konten lain dari Faktain.com

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca