Jum. Apr 26th, 2024
DomaiNesia
Web Hosting

Mohon dimengerti tulisan ini adalah opini publik yang di tulis dan dilakukan pengkajian ulang sebelum terbit ke media.

Opini di sampaikan oleh Alfie Renaldy, Berdasarkan Salah satu Postingan Facebook dari Dr Irwansyah Saputra, Tentang postingan “Tips Strugle Buat Mahasiswa UGT”

Halo, Salam sejahtera untuk kita semua, salam hangat dari saya, perkenankan saya Alfie Renaldy Pemilik sekaligus pendiri Alfin Digital Media Muda atau AlfinGroup.

Saya tertarik untuk membahas tentang UGT “Universitas Gak terkenal” yang di posting oleh Dr Irwansyah Saputra, yang memberikan tips strugle untuk mahasiswa UGT.

Apa Itu UGT “Universitas Gak Terkenal” ?

Seperti yang sudah disebutkan pada judul, UGT adalah kampus yang kurang atau tidak terkenal luas oleh masyarakat, salah satu mengapa adanya UGT adalah untuk daerah plosok sebagai alternatif kuliah untuk tetap bisa mengejar gelar.

Tidak ada salahnya sebenernya berkuliah di UGT Jika beberapa poin poin yang saya sebutkan dibawah sudah dicoba namun gagal

  • Sudah ikut SNBP (Seleksi Nasional berbasis prestasi) Negeri
  • SNBT (Seleksi Nasional Berbasis Tes)
  • Jalur Mandiri Negeri
  • Jalur Khusus Negeri
  • Jalur Beasiswa Negeri

Nah, sebenernya kamu bisa ambil universitas swasta yang baik misalnya seperti Binus, Telkom, Atau kampus pemerintah misalnya Kampus Pertamina, Universitas Pertahanan, atau kampus yang di naungi oleh pemerintah.

Ruginya Masuk Kampus UGT

UGT sebaiknya diambil jika kamu sangat terdesak, jika masalah ekonomi kamu masih baik coba kejar beasiswa, KIPK dan Beasiswa lain, Saya merupakan pekerja di salah satu perusahaan besar di indonesia, sedikit cerita, waktu itu saya melamar dengan latar belakang saya sedang menempuh pendidikan di universitas lampung, dan kandidat lain adalah di kampus swasta, dan 1 kandidat lainnya termasuk kuliah di UGT, Kami berdua lolos masuk dan bekerja hingga saat ini, sedangkan dari UGT tidak masuk.

Eitss.. Jangan salah tangkap dulu ya!

Mengapa tidak keterima? Sebab skill yang dia miliki tidak sesuai dengan kualifikasi, sebab saat itu di butuhkan skill excel dan kemampuan rumus rumus excel serta penghitungan dan administrasi, saat di tes beliau tidak bisa mengerjakan apa yang user minta sehingga menjadi salah satu titik berat kandidat tidak diterima.

Apakah Semua UGT Tidak diberikan bekal yang mumpuni, atau hanya yang penting bayar dan dapat ijazah?

saya tidak bisa menyimpulkan apakah iya atai tidak namun faktanya dilapangan mereka yang kuliah di UGT biasanya jarang dilirik oleh perusahaan kecuali dia memiliki skill dan pengalaman yang sesuai dengan kualifikasi.

Ups Tidak Berlaku jika memiliki pengalaman dan skill yang mumpuni

maksudnya gimana? Maksudnya jika kamu sudah punya pengalaman setidaknya 2 – 3 Tahun pada bidang yang kamu tekuni, maka kualifikasi dari lulusan mana tidak di pandang dan peluang itu bahkan lebih besar keterima walaupun sainganmu dari lulusan UI ataupun UGM, seban sektor perusahaan mengedepankan kemampuan dan skill serta pengalaman, sedangkan untuk fresg graduate barulah di lirik dari lulusan mana dan kemampuan skill basicnya.

demikian salam hangat.


Eksplorasi konten lain dari Faktain.com

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

By ALFIE RENALDY

Founder at PT ALFIN DIGITAL MEDIA MUDA | Entrepreneur | Digital Marketing | Business Analyst

Kasih Komentar

Eksplorasi konten lain dari Faktain.com

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca